Kamis, 22 Maret 2012

Tics, Tics, Tics

Mungkin anda baru mengenal kata tics ini. Anda pasti akan bertanya tanya. Apakah tics itu ? Tics adalah gerenyet syaraf. Tics adalah gerakan gerakan yang tak terkendali yang terjadi pada tubuh. Tics ini adalah gerakan di luar kesadaran yang terjadi pada tubuh. Biasanya yang terserang adalah pada bagian kepala dan wajah. Wajah kita seakan akan terus bergoyang dan bergetar dengan hebat. Aku pun telah mengalaminya. Diagnosis ku adalah Sindrom Tourette. Sindrom Tourette adalah gangguan neuropsikiatri. Gangguan ini menyerang sel sel syaraf di otak sehingga akhirnya para penderitanya kehilangan kendali untuk bisa mengontrol bagian tubuhnya. Masa awal permulaan terjadinya gejala pada penyakit ini adalah pada masa anak anak dan awal remaja. Gejala awal terjadinya penyakit ini aku rasakan sejak aku SMA. Pada waktu itu rasanya badanku selalu bergetar dan aku tak mampu untuk mengendalikannya. Awal mula gejala penyakit ini adalah terjadinya kedutan pada bagian tubuh, seperti kepala dan wajah. Awal mula aku menderita penyakit ini aku hanya merasakan kedutan di kepalaku. Dan itu hanya kurasakan sesekali. Istilahnya, dalam frekuensi satu - dua, yaitu kedutan hanya terjadi sekitar 1 atau 2 kali dalam beberapa jam. Namun seiring dengan waktu, nampaknya tics ku semakin parah. Dan akhirnya kedutan itu berubah menjadi tics, gerenyet urat syaraf yang berlangsung secara terus menerus. Sehingga dalam 1 menit saja aku bisa mengalami beberapa kali gerenyet.
Kehidupan ku langsung berubah ketika itu. Aku menjadi serba salah. Karena gerenyet itu aku sempat menjadi rendah diri di kelas. Aku tidak percaya diri ketika berhadapan dengan teman teman ku. Tics itu begitu spontan dan mendadak sehingga aku sempat tidak tahu harus berbuat apa.
Biasanya aku selalu mengakalinya. Agar tidak bertambah parah, aku sering menundukkan kepalaku sebentar, untuk meredakan gejala tics ku. Tapi biasanya setelah itu gejala tics ku muncul lagi. Sehingga praktis hampir setiap jam kulalui dengan gejala tics itu.
Waktu itu aku masih belum tahu tentang penyakit ini. Sehingga waktu itu aku tidak tahu cara cara yang tepat untuk menyembuhkannya. Waktu itu aku menjadi sangat gelisah. Aku tidak tahu aku harus bagaimana dengan keadaan ku. Pengetahuan atau kesadaran tentang adanya sindrom ini memang mutlak diperlukan oleh penderita. Karena jika kita sudah mengetahui gejala gejala yang ada, maka kita dapat segera menemukan solusi tentang permasalahan kita. Dengan begitu, kita bisa segera ke dokter untuk memeriksakannya.
Aku pun begitu. Setelah mengetahui penyakit ini aku pun langsung menjalani pengobatan. Pengobatan sangat penting untuk penderita karena akan meningkatkan kualitas hidupnya. Dan tentunya akan meminimalisir gejala gejala tics tersebut.

7 komentar:

  1. apakah sudah sembuh bu?
    coba hipnotherapi bu, bisa dilihat disini :
    http://www.adiwgunawan.com/?p=page&action=view&pid=12

    semoga membantu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah sudah pernah ada anak yang sembuh dengan hipnoterapi?

      Hapus
  2. Tourette Syndrome pada prinsipnya adalah ketegangan syaraf peripheral tubuh yang mengakibatkan gerakan-gerakan tidak terkendali. Saya pernah memiliki anak laki-laki saat kelas V SD terkena Tics, dan alhamdulillah sekarang sudah SEMBUH total.

    Silahkan kunjungi Hipnoterapi Tourette Syndrome untuk terapi TICS ini... Terapinya cukup 1-2x saja....Semoga membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malam...anak sy setelah sy bawa berobat ke dokter anak beberapa kali Di rotgent tidak ada penyakit, di bawa ke dokter saraf susah 2x, tetapi dengan sokter ke 2 di blngnya penyakit tics, di beri obat alhasil tidak ampuh melainkan ada efek samping bentol merah seluruh tubun, terapy sudah beberapa kali tetapi tdk ada hasil, kira2 terapi tempat bapak ini di daerah mana ya, dan apakah ada cara untuk berangsur angsur sembuh, jujur sy sebagainorang tua, sedih, marah stress tp mo gimana lagi, terimakasih

      Hapus
    2. Sekarang ank saya sdg mengalaminya. Usianya 10 thn. Saya d medan. Adalah hipnoterapi d medan? Tolong informasinya terimakasih

      Hapus
    3. Ada di daerah mana? Bagaimana cara mengontak bapak?

      Hapus
  3. Saya punya audio super sadar milik adi w gunawan.saya setiap hari dengar audionya setiap mau tidur.tapi kenapa tics saya tidak hilang hilang?
    tapi cukup membantu audionya,bisa untuk menghilangkan susah tidur dan lebih rileks.

    BalasHapus